Skip to main content

RAGU MEMBUNUH PELUANG

Sabar, makna secara general yang dapat dipahami oleh masyarakat adalah kunci sebuah kesuksesan, akan tetapi di sisi lain sabarpun tetap saja ada batas ambangnya.

Kali ini bukan lagi kita bahas mengenai idealnya makna dari kata sabar, melainkan relevansi dan momentum penggunaan kata sabar tersebut. Lebih tepatnya kata yang pas untuk saat ini adalah kebijaksanaan, karena sebagai insan yang identik dengan kata sosial maka beranilah untuk mengukir sejarah dalam perjalanan hidupnya, selagi masih merasakan indahnya pemandangan di dunia yang fana ini.

Sabar bukan hanya sebatas konseptual belaka, tapi tindakanlah sebagai aktualisasi dari kata sabar tersebut, maka mulailah bertindak untuk mengambil keputusan demi masadepan yang cerah.

Sabar akan selalu dilandasi dengan logika, karena kadang kala jika hadirnya rasa cinta maka ia akan menutupi pintu logika dengan sendirinya tanpa disadari oleh kita. Kenyataan kadang mengantarkan kita ke dalam konsep yang nihil akan esensinya, melainkan menahan pesatnya arus hawa nafsu duniawi sehingga kita melupakan hal-hal yang akan menyelamatkan kita di dunia akhirat kelak nanti.

Rasa adalah sesuatu hal yang ada dan terdapat di setiap manusia di muka bumi ini, terkadang rasa mengantarkan kita kepada dunia dilematis. Aku tidak begitu yakin, tapi ku rasa, perasaan ini sama dirasakan oleh tiap insan, bingung serta ragu karena tak tau cara yang tepat tuk menyampaikan tentang perasaan yang telah lama tertahan.

Kata Kahlil Gibran, ketika cinta memanggil, ikutilah dia, walaupun jalannya sulit dan terjal. 
Begitu juga, ketika sunyi memanggilmu dengan alasan menemukan kalimat. Curilah satu kalimat, untuk bertahan hari ini.

Kepada awan yang murung, manusia yang mudah bosan. Hari ini, hujan menghasilkan sungai.

Di kota, ada rintik yang ingin buru-buru 
mengusir debu. Di kota ini, ada gerimis yang sedang jatuh. Apakah itu kesengajaan, atau pantas sebagai sebuah niat.

"TAPI KAMU AKAN TETAP ADA DAN TIDAK PERGI..."


Bandung, 02 Juli 2020.




Comments

Popular posts from this blog

NASIONALIZMU VS GLOBALIZMU

Definisaun polítika katak arte ou siénsia ida atu apaña poder ida tuir dalan konstituisaun no mos inkonstituisional. Teoria klásika Aristoteles hateten katak polítika maka hanesan esforsu ida ne'ebé povu viaza atu apaña bem estar povu nian. Intensaun polítika katak HUSI, BA ka ida ne'ebé iha relasaun ho povu. Polítika katak siénsia konabá nasaun, siénsia konaba governu, tamba ne'e antes atu ita antisipa halo definisaun ba polítika ita mos tenke hatene etimolójikamente husi polítika ne'e rasik. Husi definisaun hirak ne'ebé hau mensiona iha leten ne'e iha ninia intensaun no esénsia ne'ebé mak di'ak ba povu, tamba laiha ema ou grupo ida mak hasai teoria ruma somente atu fo impaktu negativu ba ema seluk. Maibé realidade hatudu katak iha sékulu XXI ou iha époka kontemporer ida ne'e, esénsia husi polítika ne'e rasik komesa mínimu ona iha ninia realizasaun (aktualisasi), tamba egoismu husi polítika nain sira ne'ebé mak maka'as liu duke interese

TAMBA "DOMIN", LOJIKA MATE

Rikusoin nebe valor liu iha moris, tanto iha mundo no mos iha lalehan mak "Domin". Domin existe iha ema no horik iha ema nia fuan.  Tempo naruk hau lao mesak, hasoru o, fuan ne hahu fo ba o bebeik no nafatin. Kalan ba loron, minuto ba horas fuan ne fo deit ba o, sente o mak hau nia riqueza domin nebe halo hau sente moris ne kompleto. Hau hakarak hadomi o, hau hakrak kuida o.  O nia prezensa ne halo hau sente hau moris nakonu no kompleto ho hau nia knosen sorin. Prinseza atus ba rihun mak hau hasoru maibe hau nia fuan laiha vontade atu hili. Diferente ho o, hau fuan iha vontade forte atu hili o sai nia nain.  Domin nebe forte nunka halai husi loron nia manas, nunka hases an husi udan, sei la lakon namlele tuir anin, tamba domin ne presiza pasiensia.  Domin hanorin hau pasiensia, pasiensia atu luta ba hau nia fuan nia hakarak laos prazer nia exigencia.  Karik atu hetan o, presiza hau nia terus, presiza liu husi dalan nebe nakonu ho Ai tarak, hau prontu para

FILOSOFI NILAI KEMANUSIAAN DAN MULTIKULTURALISME

Secara harfia Manusia adalah hewan yang berakal atau berbudi, hal ini yang membedakan manusia dengan hewan-hewan yang lainya. Di sisi lain manusia juga merupakan sebuah kombinasi dari beberapa unsur kehidupan seperti roh (atman), pikiran, jiwa, dan prana (tubuh / fisik). Nilai adalah rujukan dan keyakinan dalam menentukan pilihan. Pengertian tersebut merupakan kesimpulan dari beberapa pengertian tentang nilai yang lainya, dimaksudkan sebagai takaran manusia sebagai pribadi yang utuh atau nilai yang berkaitan dengan konsep benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat tertentu. Nilai kemanusiaan adalah nilai mengenai harkat dan martabat manusia. Manusia merupakan makhluk yang tertinggi di antara makhluk ciptaan Tuhan sehingga nilai-nilai kemanusiaan tersebut mencerminkan kedudukan manusia sebagai makhluk tertinggi di antara makluk-makhluk lainnya. Seseorang mempunyai nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi menghendaki masyarakat memiliki sikap dan perilaku sebagai layaknya m