Skip to main content

DRAMATISME

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari gaya hidup hedonis. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kemajuan ilmu teknologi yang menyebabkan kebutuhan manusia semakin meningkat.Dan tentunya menuntut untuk mengikuti arus perkembangan zaman serta tuntutan sosial lainnya. Apabila hal tersebut tidak dapat terpenuhi maka, akan menimbulkan kecemasan yang kemudian berujung pada perasaan stress. Stress adalah hal yang wajar dialami oleh semua orang mulai dari anak-anak, remaja sampai usia dewasa atau lanjut. Menurut Yosep, Stress merupakan sebuah reaksi fisik, mental, dan kimiawi dari dalam diri individu. Di sisi lain abidin juga mendefinikan Stress adalah suatu kondisi yang menekan jiwa (batin) dan menimbulkan ketegangan syaraf yang berdampak pada jiwa.

Stress terjadi pada manusia dalam berbagai tingkatan. Stress juga menimpa pada remaja. Salah satu faktor yang menyebabkan stress atau depresi pada usia remaja salah satunya adalah putus cinta. Pelampiasan stress pada anak usia remaja adalah dengan hal menyimpang seperti minum-minuman beralkohol serta mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba.

Dramatisme adalah salah satu teori retorika yang dimana cenderung memusatkan perhatian orang lain pada sebuah wacana yang dibangun. Secara definisi kenneth burke pada tahun 1950an pernah mendefinisikan dramatisme tersebut yaitu "teori retorika konvensional yang cederung memusatkan perhatian pada methos wacana dalam mempengaruhi pemikiran manusia.

Teori  Burke  membandingkan  kehidupan  dengan  sebuah  pertunjukkan  dan menyatakan  bahwa  sebagaimana  dalam  sebuah  karya  teatrikal,  kehidupan membutuhkan  adanya  seorang  aktor,  sebuah  adegan,  beberapa  alat  untuk  terjadi  adegan itu,  dan  sebuah  tujuan.Teori  ini  memungkinkan  seorang  kritikus  retoris  untuk menganalisis  motif  pembicara  dengan  mengidentifikasi  dan  mempelajari  el Dramatisme elemen-elemen  ini.  Selanjutnya,  Burke  percaya,  rasa  bersalah  adalah  motif  utama  bagi pembicara,  dan menyatakan  bahwa  seorang  pembicara  akan  menjadi  paling sukses  ketika  mereka  memberikan  khalayaknya  cara  untuk  menghapuskan  rasa  bersalah mereka. Teori  dramatisme  adalah  teori  yang  mencoba  memahami  tindakan  kehidupan manusia  sebagai  drama. Dramatisme, sesuai  dengan  namanya, mengkonseptualisasikan kehidupan  sebagai  sebuah  drama,  menempatkan  suatu diperlihatkan oleh berbagai Dramatisme pemain. fokus  kritik  pada  adegan  yang memberikan  kepada  kita  sebuah  metode  yang  sesuai  untuk membahas  tindakan  komunikasi  antara  teks  dan  khalayak  untuk  teks,  serta  tindakan  di dalam  teks itu sendiri.

Burke pernah mengklasifikasikan drama  adalah sebagai sebuah metafora  yang  berguna  bagi  ide-idenya yaitu : Pertama, drama  menghasilkan  cakupan  yang  luas,  dan  Burke  tidak  membuat  klaim  yang  terbatas; tujuannya  adalah  untuk  berteori  mengenai  keseluruhan  pengalaman  manusia.  Metafora dramatis  khususnya  berguna  dalam  menggambarkan  hubungan  manusia  karena didasarkan  pada  interaksi  atau  dialog. Kedua, drama  cenderung  untuk  mengikuti  tipe-tipe atau  genre  yang  mudah  dikenali seperti  komedi,  musical,  melodrama  dan  lainnya.  Burke merasa  bahwa  cara  kita  membentuk  dan  menggunakan  bahasa  dapat  berhubungan dengan cara  drama  manusia  ini dimainkan. Ketiga, drama  selalu ditujukan pada  khalayak.

Pada era kontemporer aktualisasi dari makna dramatisme tersebut sudah tidak lagi jadi sesuatu yang tabu untuk dikaji. Pada intinya adalah berbicara perihal DRAMATISME tersebut terdapat dampak positif dan juga negatif. Dari sisi positifnya adalah ketika makna dramatisme tersebut digunakan untuk kepentingan bersama, jika aktualisasi dari makna dramatisme tersebut digunakan demi kepentingan pribadi sehingga membuat orang lain jadi sasaran dan saling membenci satu sama lain maka itu bukan selayaknya makna dari dramatisme itu sendiri.

Bandung, 02 Februari 2021.


Follow link :

Contact via the Following Email :

Comments

Popular posts from this blog

HADIR TAPI TAK PERNAH ADA

Perjalanan merupakan metode atau gerakan untuk menuju dan mencapai suatu ekspektasi yang diimpikan oleh seseorang. Begitupun kehadiran adalah adanya seseorang pada suatu tempat dan dapat dilihat oleh manusia.  Inkonsistensi sebagai perantara dalam mengantarkan kita dari satu tempat ke tempat yang lain ketika tidak dapat persesuaian antara ekspektasi dan realita. Lupa merupakan sifat alamiah manusia yang tak bisa dihindari oleh siapapun, sehingga bumbu-bumbu kehidupanpun dapat dilupakan ketika kedatangan membawa berita yang kredibel dan terpercaya, meski nihil akan maknanya. Impian yang setinggi langit mengundang rasa lebam yang tak terhindar, kesadaran adalah pahlawan di kala semakin mendekatnya rasa lebam. Begitu mudah manusia mengikat harapannya kepada sesama melainkan Tuhan sebagai pemiliknya. Dasar semua insan mengikat harapan terhadap sesama adalah treatmentnya yang bagaikan gula ketika dicicipi. Nyerah ketika kita membandingkan apa yang didapati dengan yang kita inginkan. Mat...

HANOIN

Na realidade, destinu ema moris nian mak nia hanoin rasik. Karik nia jere diak nia hanoin, mak nia sei moris ho kontenti. Ita ema nia inimigu nebe makaas mak hanoin. Amigo nebe diak liu mos mak hanoin.  Tamba nee jere no kuida diak hanoin. Moris ho hakmatek ba hodi nunee bele jere no kuida diak hanoin nee. Fuan nebe diak mak hanesan toos. Hanoin nebe diak mak Ai-hun, Liafuan nebe diak mak nia funan, Hahalok nebe diak mak nia fuan. Laiha ida nebe iha mundu nee infinitu. Tamba nee, Wainhira hetan problema ida hasoru no labele triste demais. Nunee mos wainhira ita iha kondisaun Kontente nia laran, Aproveita no agradese, Labele haluhan án. Tau iha hanoin, katak saida deit mak ita hasoru loron ohin, Buat hotu sei sai pasadu... Tamba nee, Nafatin malirin iha fatin nebe manas, Nafatin midar iha kondisaun nebe moruk, Nafatin sente kiik mezmu sai ona ema boot no Nafatin kalma mezmu hasoru ondas nebe boot. Buat hotu nebe iha mundu nee laiha ida mak infinitu, exeptu non-infinitu nee rasik... ...

HATI INI

Kamu meminjamkannya di saat waktumu kosong, Dijadikan umpan untuk hati yang lain. Merayakannya bagaikan pesta besar ketika dapat, Dirimu kembali dalam keadaan yang kosong.   Tak ada kabar dari janji manismu yang dulu, Ketika meminjamkan hati ini.   Jika telah melunasinya, Nanti  malam akan aku bergegas ke rumahmu. Terima kasih atas tempat tidurmu, Maaf  jika malam itu kamu tidak merasakan klimaks atas kenikmatan yang aku berikan. Biarkan kamu merasa tenang dengan kenyamanan yang diberikan oleh orang lain.   Hati ini mulai bersuara.   Surga memahami kata-katanya, Surga memahami kenapa ia bersuara seolah tanpa hati.   Meski bumi selalu menyiksanya, Dan ingin memberinya neraka. Melupakan bahwa surgalah pemilik bagi nasib.   Aku belajar dari kesalahan, Untuk memberi sebuah harapan.   Menyesal dengan kepercayaan atas ekspektasi yang dimilikinya.   Tak mau lagi meminjamkan hati ini, Pada dunia yang lup...